Ini Lho Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa

Posted by Klub Indo Job on Friday 26 September 2014

Ini Lho Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa
Ini Lho Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa - Kalau diperhatikan secara seksama, sekarang ini menjadi mahasiswa yang juga bekerja itu sudah menjadi hal yang sangat wajar, seperti pengalaman admin klubindojob.com sendiri.

Umumnya bukan bekerja di suatu perusahaan, tapi memiliki kerja sampingan alias usaha kecil-kecilan. Memang jumlah mahasiswa yang seperti itu tidak banyak, tapi siapa saja pasti kagum akan hal tersebut. Terlebih lagi kalau bisnisnya makin besar dan nilai akademis tetap terjaga bukan begitu guys?

Ini Lho Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa - Yang namanya hidup sebagai mahasiswa memang identik dengan kata ‘mandiri’, termasuk mandiri dalam hal finansial. Kalau memang waktu sekolah dulu selalu menggantungkan diri pada bantuan orang tua, saat mahasiswa adalah saat yang tepat untuk mengusahakan sesuatu untuk diri sendiri.

Toh suatu hari nanti, kita akan lepas juga dari orang tua. Jadi kapan lagi kita membiasakan diri cari uang sendiri kalau bukan sekarang?

Ini Lho Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa - Nah berikut akan saya sampaikan beberapa contoh pekerjaan sampingan yang umum dilakukan oleh mahasiswa, dan tentunya pekerjaan ini umumnya memiliki waktu yang fleksibel. Itulah sebabnya cocok bagi mahasiswa yang juga sudah disibukkan oleh tugas-tugas kuliah:

1. Guru Les

Keuntungan jadi mahasiswa adalah kamu bisa jadi guru les. SD, SMP, atau SMA dengan materi apa aja yang kamu kuasai. Setahu klubindojob.com, guru les paling banyak itu guru untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Karena mahasiswa pernah melewati masa sekolah, jadi dianggap mampu menguasai materi-materi pada mata pelajaran tersebut.

Untuk menjadi guru les, kamu bisa menawarkan jasa secara independen. Artinya kamu bisa langsung menawarkan jasa pada calon pelanggan, tanpa perantara. Keuntungannya di sini adalah kamu bisa mengatur sendiri upah yang akan kamu terima dan 100% jadi hak kamu. Cara lain, kamu bisa ikut lembaga les yang ada di daerahmu. Keuntungannya di sini adalah kamu tidak perlu repot-repot cari pelanggan dan hal-hal manajemen lainnya sudah ada yang mengatur.

Tantangan yang harus kamu hadapi untuk menjadi guru les biasanya adalah tentang manajemen waktu. Kamu harus bisa membagi waktu dengan baik, antara kerja dan kuliah. Kamu juga harus mengatur jadwal yang sesuai, antara jadwalmu dan jadwal murid lesmu. Tantangan lainnya adalah tentang mental pendidik kamu. Menjadi guru les itu kadang penuh dengan ujian, tergantung dari kemampuan murid lesnya. Ada yang nakal, ada yang malas, ada yang nggak peduli, ada yang caper. Hadeeeh…

2. Bisnis Pulsa

Pekerjaan yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya mahasiswa. klubindojob.com tahu kalau sudah banyak anak sekolahan yang sudah sambil jualan pulsa ke teman-teman dan guru-gurunya. Saat ini sudah banyak penyedia jasa pengisian pulsa di internet. Jadi, silakan dicari yang harganya sesuai. Mengapa? Karena kamu memiliki hak untuk memasang harga sendiri berdasarkan nominal dan operator. Kamu nantinya akan mendapatkan untung dari selisih hargamu dengan harga dari penyedia jasa.

Kalau kamu masih awal, jual pulsa (elektrik) itu tidak perlu konter. Yang kamu perlukan cukup hape dan modal untuk saldonya. Melihat hal tersebut, itu artinya kamu tetap bisa jualan walaupun lagi di jalan. (Baca juga: Ingin Berhasil Presentasi? Ini Dia Tipsnya)

Bicara tentang keuntungan, sebenarnya bisnis ini membuat kamu pasti untung, tapi sedikit. Mungkin kisaran ratusan sampai ribuan rupiah saja, kira-kira tidak sampai 3000. Jadi usaha ini hanya bertahan lama bagi mereka yang ulet dan sabar. Kalau kamu mau buru-buru dapat uang banyak, bisnis ini sangatlah tidak cocok.

Sama seperti jadi guru les, mahasiswa yang memutuskan untuk jualan pulsa juga banyak. Perang harga itu biasa. Jadi kamu harus main strategi juga kalau mau maju dengan bisnis ini. Layanan yang kamu lakukan juga harus baik, entah dalam menghadapi pelanggan maupun kemampuan server untuk bertransaksi pulsa (misal: kirimnya cepet). Itulah sebabnya kamu perlu cari referensi penyedia jasa pulsa yang handal. Jangan sampai kamu dijauhi pelanggan gara-gara kirim pulsanya lama abis.

Bisnis pulsa ini tergolong mudah, tapi tantangannya ya itu tadi… kesabaran. Kesabaran untuk menabung keuntungan yang receh-receh itu, juga kesabaran dalam menghadapi pelanggan. Dari kacamata klubindojob.com, untuk bisnis pulsa mahasiswa, pelanggan adalah raja sekaligus setan. Yang perlu kamu ketahui, karena kamu yang jual, biasanya pembelinya adalah orang-orang yang sudah kenal sama kamu. Itu artinya, pembeli akan lebih mudah untuk ‘tidak sungkan’. Mungkin kamu baik hati dengan memperbolehkan mereka utang, tapi hati-hati dengan nominal utang mereka yang bisa semakin membengkak. Bisa-bisa kamu kehabisan modal dan bisnismu berakhir dengan mengenaskan.

3. Nge-Blog
Untuk yang biasa ngeblog, sepertinya aktivitas satu ini bisa juga dijadikan pekerjaan sampingan. Katakanlah, kamu memasang AdSense atau menyediakan space untuk banner iklan di blogmu, atau kamu menyediakan jasa review, dan sebagainya. Memang biasanya ngeblog itu hanyalah sebuah kegiatan pribadi, mau dibaca atau tidak itu terserah. Tapi dengan mendapatkan penghasilan dari blog… tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Kalau kamu bisa, itu artinya kamu hebat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah tentunya kamu harus punya blog. Kamu juga harus aktif dan menjalin hubungan yang baik dengan pembaca. Manfaatkan teknik SEO untuk meningkatkan traffic blogmu. Dengan banyaknya pengunjung, tentunya banyak juga orang yang tertarik untuk pasang iklan.

Usaha melalui jalur blog itu gampang-gampang susah. Kalau kamu mau yang hasilnya cepet, mungkin ini bukan jalannya. Karena biasanya kita perlu waktu untuk menarik perhatian orang banyak dan menjadikan blog kita terkenal. Selain itu, biasanya kalau kamu memang tidak terbiasa menulis, kamu akan cepat bosan. Akhirnya kamu berhenti. Jadi, ketahananmu untuk ngeblog termasuk ke dalam tantangannya dan jika Anda ingin belajar dalam hal blog ataupun dalam hal SEO bisa kontak langsung ke Admin klubindojob yang saat ini lagi membuka jasa private SEO lho.

Nah itulah tadi beberapa pekerjaan sampingan yang cocok bagi Anda selaku mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan sendiri, dan semoga informasi Ini Lho Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa untuk memberikan masukan atau sekedar komentar ya gus.

Blog, Updated at: 11:25