Tips Menawar Gaji Di Perusahaan Anda Bekerja

Posted by Klub Indo Job on Sunday 24 August 2014

Tips Menawar Gaji Di Perusahaan Anda Bekerja 
Tips Menawar Gaji Di Perusahaan Anda Bekerja - Disaat mencari atau mendapat pekerjaan yang baru, Anda pasti berharap menerima penghasilan yang lebih baik dari tempat lama begitu bukan? Namun terkadang, gaji yang ditawarkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Menurut Herb Cohen, Seorang ahli negosiator profesional dan penulis buku 'You Can Negotiate Anything', jika Anda berada pada situasi sulit tersebut cobalah untuk melakukan beberapa cara negosiasi.

Tips Menawar Gaji Di Perusahaan Anda Bekerja - Selain kemampuan dan rekam jejak karir Anda yang dilihat, tentunya Anda juga harus sudah melakukan riset kecil-kecilan. Cari tahu yang sebenarnya berapa gaji untuk posisi yang seperti Anda inginkan terutama batas terendahnya. Anda juga tak perlu berbohong tentang gaji Anda di pekerjaan sebelumnya (Baca juga: Ini Lho 10 Jawaban Cerdas Saat Wawancara Kerja).

Berikut cara menegosiasikan gaji ketika Anda ditawarkan pada angka sekian, namun Anda merasa itu belum cukup seperti berikut:

1. Jangan terlalu cepat berkata tidak

Setelah mendengar tawaran yang Anda dapat, tak perlu memutuskan terlalu cepat. Ini akan memberikan kesempatan pada Anda untuk berpikir pada malam harinya dan menghitung apakah ada yang perlu dikorbankan dengan gaji sebesar itu. Jika masih terlalu rendah, minta jadwal pertemuan di hari berikutnya dengan si bos yang bernego dengan Anda.

Saat bertemu lagi, katakan pada bos tersebut, bahwa Anda mengucapkan terimakasih atas tawaran pekerjaan itu. Lalu bicarakan tentang keprihatinan Anda secara spesifik misalkan Anda harus menyewa rumah yang lebih mahal agar dekat dengan tempat kerja atau sedang membayar cicilan mobil. Pembicaraan seperti ini bisa membuat si bos mengambil waktu untuk mempelajari angka yang Anda maksud dan menunjukkan bahwa Anda ingin serius bekerja di tempatnya.

2. Minta Bantuan

Jika kompensasi yang didapat menjadi masalah Anda, katakan, 'Lihatlah saya menginginkan pekerjaan ini. Saya akan senang bekerja untuk Anda dan perusahaan ini. Namun, saya tidak ingin terganggu dengan masalah keuangan . Apakah Anda dapat membantu saya mencari jalan keluarnya?

Ini adalah negosiasai untuk semacam tambahan kompensasi, baik itu manfaat yang lebih baik atau uang yang lebih banyak, tapi Anda menyampaikannya dengan rasa hormat.

3. Lawan Tawaran Tersebut

Anda bisa melawan tawaran tersebut, jika merasa ini bukan angka yang Anda harapkan. Namun jangan sekali-sekali menuduh si bos memasang tarif rendah. Katakan saja, Anda akan ambil pekerjaan ini, jika tawaran yang sudah Anda negosiasikan diterima. Jika masih tidak diterima, Anda pun bisa menolaknya.

4. Tahu Kapan Harus Pergi

Jika tempat baru ini bersikeras dengan angka yang disodorkan, katakan Anda akan mendapatkan kesempatan lain yang sebagus ini. Jangan lupa ketika berpamitan, ambil kartu namanya dan dia juga mengambil kartu nama Anda. Katakan, jika ada perubahan silakan hubungi Anda, bisa dengan cara cara meng-email Anda.
Nah itulah Tips Menawar Gaji Di Perusahaan Anda Bekerja yang sekiranya dapat Anda jadikan patokan untuk menegoisasi gaji Anda dengan si atasan Anda, dan semoga infomasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua (Baca juga: Tips Tips Meningkatkan Jenjang karir Anda Lainnya).

Blog, Updated at: 12:07