Cara Cerdas Menjadi Freelancer Yang Produktif

Posted by Klub Indo Job on Wednesday 24 September 2014

Cara Cerdas Menjadi Freelancer Yang Produktif 
Cara Cerdas Menjadi Freelancer Yang Produktif - Bagi sebagian orang, bekerja tidaklah afdol jika tidak melibatkan aktifitas mengenakan setelan resmi, berangkat di pagi hari dan pulang ke rumah di sore hari.

Tapi, bisa bekerja di rumah, tanpa terikat jam kerja kantor tentu adalah hal yang menyenangkan. Jika sobat klubindojob.com adalah salah satu yang termasuk memilih bekerja dari rumah,sobat klubindojob.com dapat memilih profesi sebagai freelance atau juga biasa disebut pekerja lepas.

Cara Cerdas Menjadi Freelancer Yang Produktif - Akan tetapi, pada dasarnya bekerja dari rumah sebagai freelancer tidak lebih mudah dari bekerja di  kantor. Nah, jika sobat klubindojob ingin sukses bekerja dari rumah, ada baiknya menyimak tiga hal berikut ini:

1. Siapkan area kerja khusus

Memang  benar, salah satu keuntungan bekerja dari rumah adalah kita bisa mengerjakan tugas-tugas kita di mana pun, mulai dari  kafe, perpustakaan umum, hingga taman kota. Namun, ada baiknya jika kita menyediakan satu area yang khusus diatur sebagai tempat kerja kita. Tak harus satu ruang kerja yang luas. Jika memang pekerjaan kita tidak memerlukan space yang luas atau studio khusus, satu meja kerja yang diletakkan di sudut ruang tidur pun cukup.

Dengan mengatur area kerja khusus, dapat meningkatkan fokus kita dalam bekerja, selain mempermudah penataan dokumen atau alat kerja yang lain. (Baca juga: Ini Lho Cara Untuk Menghilangkan Rasa Bosan Di Kantor)

2. Hindarkan gangguan lingkungan sekitar

Menghindari keributan yang biasa terjadi di rumah merupakan hal yang penting, terutama ketika kita sedang berhadapan dengan klien baik melalui telepon, atau video conference. Pasalnya, klien kita tentu menginginkan jasa seorang profesional dan hal tersebut dapat dinilai salah satunya melalui lingkungan kerja kita. Bayangkan, betapa tidak profesionalnya jika di tengah perbincangan bisnis dengan klien, terdengar riuh anak-anak, binatang peliharaan atau suara mesin cuci dan peralatan rumah tangga lainnya.

3. Alokasikan waktu khusus

Meskipun kita bisa mengatur waktu dengan fleksibel dan tak terikat aturan kantor, kita harus membuat jadwal dan alokasi waktu untuk bekerja. Pastikan sobat klubindojob.com memiliki jadwal pasti paling tidak untuk satu minggu ke depan. Selain itu, sobat klubindojob.com harus membuat aturan berapa jam yang akan digunakan untuk bekerja tiap harinya. Hal ini penting agar kita bisa mengatur waktu penyelesaian proyek yang kita kerjakan, sehingga pekerjaan yang akan kita lakukan tidak keteteran.

4. Pisahkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi

Bekerja dari rumah selalu rawan dengan tercampurnya kehidupan pribadi dan pekerjaan kita. Di satu sisi, kita akan tampak sebagai orang yang bekerja terlalu keras hingga tak memiliki waktu untuk bersenang-senang, sedangkan di sisi lain kita bisa tampak sebagai orang yang tidak profesional dengan melibatkan kehidupan pribadi dalam masalah pekerjaan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kita harus bisa memisahkan waktu bekerja dan waktu untuk bersosialisasi atau berkumpul bersama keluarga. Alokasikan waktu dan atur jadwal dengan baik, sehingga sobat klubindojob.com tidak perlu bergelut dengan pekerjaan ketika sedang menghadiri reuni keluarga, misalnya.

Dan semoga informasi Cara Cerdas Menjadi Freelancer Yang Produktif ini dapat bermanfaat  bagi kalian semua , dan jangan lupa untuk memberikan masukan atau sekedar komen biasa ya guys, selamat bekerja!

Blog, Updated at: 14:56