Tips Sukses Cari Kerja Berbekal CV yang Keren

Posted by Klub Indo Job on Saturday 18 October 2014

Tips Sukses Cari Kerja Berbekal CV yang Keren 
Tips Sukses Cari Kerja Berbekal CV yang Keren - Dalam melamar pekerjaan, harus diakui Curriculum Vitae (CV) atau Riwayat Hidup adalah hal yang menentukan. Bagaimana tidak? Melalui CV itulah kita akan dinilai untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, persiapkan CV-mu dengan baik sebelum melamar pekerjaan.

Tips Sukses Cari Kerja Berbekal CV yang Keren - Lalu, bagaimana caranya membuat CV yang impresif dan menunjukkan kemampuan yang kita miliki? Simak tips-tips berikut ini.

It’s a CV. Not an Autobiography

Orang-orang yang akan membaca CV kita adalah orang-orang sibuk yang memiliki tanggungjawab membaca puluhan bahkan ratusan CV lain. Karenanya, usahakan membuat CV kita tidak berbelit-belit. Kita harus pintar memilih informasi yang penting dan menuliskannya ke dalam maksimal dua halaman A4.

Ingat, CV-mu bukanlah biografimu. Tak perlu menceritakan secara lengkap seluruh pengalaman hidupmu. Cukup tuliskan pengalaman profesional yang berkaitan dengan pekerjaanmu, pendidikan terakhir dan prestasi yang mendukung penilaian terhadap kemampuanmu di bidang yang kamu tekuni.

Keep it actual. Keep it Up-to-Date

Menuliskan hal yg positif agar kita tampak berkompetensi itu baik. Tapi, melebih-lebihkan kemampuan yang kita miliki bukanlah hal yang tepat. Satu hal lain yang penting adalah selalu update CV-mu dengan informasi terbaru yang kamu miliki.

Be Creative. Be an Eye Candy.

Kita hidup di jaman di mana tampilan visual menjadi daya tarik yang penting. Jika kamu masih ngotot mengirimkan CV yang tampak polos dengan satu buah foto diri dan kolom-kolom tabel seadanya, maka jangan heran jika CV-mu hanya akan menjadi satu dari ribuan CV yang tak tersentuh.

Mungkin kamu bukan seorang designer grafis, mungkin kamu tidak bisa mengoperasikan Corel Draw atau Photoshop. Namun, dengan sedikit usaha berselancar di internet, kamu bisa menemukan berbagai template CV menarik yang bisa kamu gunakan.

Make it Complete with Certified Skill


Selain ketiga hal di atas, satu hal yang bisa mendukung CV adalah sertifikat yang bisa menunjukkan kemampuanmu di bidang tertentu, seperti kemampuan komputer atau Bahasa Inggris. Dengan mencantumkan sertifikat sebagai lampiran CV, tentu akan meningkatkan ‘nilai jual’ kita di mata mereka yang ingin merekrut kita.

Nah itulah tadi beberapa Tips Sukses Cari Kerja Berbekal CV yang Keren yang dapat klubindojob sampaikan, dan semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua, Salam sukses!

Blog, Updated at: 09:35