Ini Cara Cerdas Mengasah Softskill Bagi Mahasiswa

Posted by Klub Indo Job on Sunday 28 September 2014

 
Ini Cara Cerdas Mengasah Softskill Bagi Mahasiswa - Apa sih tujuanmu setelah lulus? Apakah menciptakan pekerjaan, mencari pekerjaan, meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau menikah? Jawaban yang sering muncul adalah mencari pekerjaan. Mahasiswa selalu terpaku untuk menjadi pencari pekerjaan dan berusaha keras agar indeks prestasinya tinggi. Tapi tahukah kamu, indeks prestasi tinggi bukanlah satu-satunya penentu mendapatkan pekerjaan impian.

Ini Cara Cerdas Mengasah Softskill Bagi Mahasiswa -  Perusahaan juga membutuhkan orang-orang dengan soft skill yang mumpuni.  Hal ini dikarenakan dunia kerja adalah dunia di mana seseorang dituntut mampu menyelesaikan tugas bersama dengan banyak orang yang memiliki perbedaan prinsip dan pikiran. Berikut adalah soft skill yang dibutuhkan oleh mahasiswa nantinya: (Baca juga: Ini Lho Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa)

1.       Kemampuan komunikasi

komunikasiKemampuan berkomunikasi mahasiswa biasanya terbatas melalui tulisan. Sebagian besar tidak mampu mengungkapkan ide secara lisan. Mereka biasanya merasa rendah diri dan gugup saat harus berhadapan dengan orang banyak, apalagi dengan orang yang lebih berpengalaman seperti dosen, para pakar, dan khalayak umum.

Cara penulisan pun seringkali tidak menggunakan bahasa baku, disertai alur penjelasan yang terkesan berliku-liku. Di dunia kerja, kita akan dihadapkan dengan kerja tim. Bila kita tidak dapat menyampaikan ide ataupun gagasan, maka kita akan dianggap sebagai orang yang tidak berkontribusi. Kejelasan penyampaian diperlukan agar pekerjaan dapat berjalan lancar tanpa adanya kesalahpahaman. Penyampaian dapat berupa laporan tertulis maupun presentasi.

2.       Manajemen waktu

manajemen waktuMahasiswa akan dibebani oleh banyak hal, seperti tugas dengan deadline waktu yang cukup mepet oleh banyak dosen dengan mata kuliah berbeda, penyelesaian tugas secara tim, pengaturan kegiatan kemahasiswaan, serta pengaturan kehidupan pribadi seperti masalah keuangan. Terkadang manajemen waktu tidak begitu baik dan semuanya dilakukan dengan sistem kebut semalam. Sementara perusahaan biasanya akan membutuhkan orang yang dapat melakukan penjadwalan sendiri untuk menyelesaikan tugas. Merencanakan, mendelegasikan, penjadwalan, penentuan tujuan, menentukan prioritas, mencatat hal yang akan dilakukan, pencatatan tugas, dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dan juga mengeliminasi pengalihan perhatian dan penundaan pekerjaan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Di dunia kerja, hasil akan berpengaruh pada banyak orang dan reputasi perusahaan dan bukan sekadar nilai seperi saat kita mahasiswa.

Menurut survey, beberapa soft skill yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah :
  1. Kemampuan komunikasi saat bertatap muka
  2. Kemampuan menulis
  3. Kemampuan penyampaian ide
  4. Kemampuan bekerja secara tim
  5. Kemampuan interpersonal (mampu menyelaraskan diri dengan orang lain)
  6. Etika bekerja yang baik
  7. Manajemen waktu
  8. Kemampuan bekerja multitasking
  9. Mampu bekerja dengan deadline
  10. Profesionalisme
  11. Kemampuan analisis
  12. Kemampuan membuat relasi yang luas
Untuk memiliki semua kemampuan di atas berusahalah mengikuti berbagai organisasi. Dengan bergabung dalam organisasi, kamu akan lebih terarah dengan tujuan organisasi dan bekerja dengan banyak orang di dalamnya. Semakin sering kamu berinteraksi dengan banyak orang, maka akan semakin terasah soft skill-mu.

Perubahan selain itu mulailah membaca buku untuk mengetahui berbagai cara mengembangkan diri. Buku memang hanya akan membantu dari segi teori, tapi paling tidak kamu tahu apa yang dapat kamu perbuat. Bila kamu membutuhkan bimbingan, ikutilah banyak seminar dan terjun langsung dalam sebuah pekerjaan, seperti kepanitiaan, kerja praktek, ataupun pelatihan kepribadian.

Terbukalah dengan semua kesempatan yang ada. Jangan takut bersinggungan dengan hal-hal baru. Kesibukan kuliah membuatmu terlalu lelah untuk memikirkan hal lain, tapi jangan lupakan bahwa kemampuan pengetahuanmu tak akan terlihat tanpa polesan soft skill yang memadai.

Nah itulah tadi cara cerdas untuk mengasah softskill bagi mahasiswa, dan semoga informasi Ini Cara Cerdas Mengasah Softskill Bagi Mahasiswa ini dapat bermanfaat bagi kalian, dan jangan lupa untuk memberikan masukan atau memberikan komentar saja ya guys.

Blog, Updated at: 07:53